Jumat, 17 Juli 2020

Kondisi Wilayah Benua Asia

https://jagad.id/karakteristik-benua-asia/

Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia, baik diukur dari segi luas wilayah maupun jumlah penduduknya.
Secara astronomis Benua Asia terletak di 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT.
Secara geografis benua Asia berada di antara benua Eropa dan benua Australia. Selain itu letak benua Asia secara geografis berada di antara Samudera Hindia, Samudera Pasifik dan Samudera Arktik.
Batas-batas wilayah benua Asia adalah: Sebelah Utara : Samudra Arktik, Sebelah Selatan : Samudra Hindia, Sebelah Barat : Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah, Sebelah Timur : Selat Bering dan Samudra Pasifik di timur.
Benua Asia terbagi atas lima kawasan yaitu : kawasan Asia Barat, Asia Selatan, Asia Tengah, Asia Timur dan Asia Tenggara. Pembagian tersebut lebih didasari oleh perbedaan budaya dibandingkan aspek fisik wilayah.

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/
Karakteristik alamnya : Puncak tertinggi: Gunung Everest (8.848 m, Bagian terendah: Laut Mati (394 m di bawah permukaan air laut. Sungai terpanjang: Sungai Yangtse (5.800 km). Danau Terbesar: Danau Aral (66.457 km2). Gurun terluas di benua Asia adalah Gurun Arabian di negara Timur Tengah dengan luas 2,33 juta km2
Secara geologis benua Asia merupakan tempat bertemunya tiga jalur pegunungan besar yaitu pegunungan muda sirkum Pasifik, pegunungan muda sirkum Mediterania dan pegunungan Australia sehingga banyak dijumpai gunung-gunung api yang masih aktif. Di benua ini terdapat titik tertinggi yaitu puncak gunung Everest (8848 mdpl) yang berada di perbatasan Nepal dan Tibet, dan titik terendah berada di laut Mati (-417 mdpl) yang membujur meliputi wilayah Yodarnia, Palestina dan Israel.

https://www.indozone.id/fakta-dan-mitos/
Benua Asia terdapat beberapa iklim yaitu : Iklim tropis dengan ciri-ciri suhu tinggi, lembab, curah hujan tinggi meliputi wilayah Asia Tenggara, Asia Selatan, dan semenanjung Arab. Iklim subtropis dengan ciri-ciri memiliki empat musim (musim dingin, semi, panas dan gugur) meliputi wilayah negara-negara di sekitar Laut Tengah. Iklim sedang yaitu perpaduan iklim subtropis dengan iklim kutub, terdapat di kawasan Mongolia. Iklim kutub memiliki ciri-ciri musim dingin yang panjang dan musim panas yang pendek meliputi daratan Asia bagian utara sekitar Siberia. Iklim kontinental dimana iklim dipengaruhi daratan yang kuat meliputi sekitar gurun Gobi. Iklim gurun yaitu iklim yang memiliki perubahan suhu berubah-ubah dengan cepat serta curah hujan yang rendah terdapat di wilayah Asia Barat (Timur Tengah)
Terima kasih Anda telah membaca sampai selesai, silahkan anak-anak kerjakan kuis harian terlebih dahulu (sekaligus absensi) sebelum sebelum meninggalkan blog ini. Siapkan buku paket dan modul kalian. Kuis ini akan ditutup pada hari Sabtu, 18 Juli 2020 pukul 00.00 WIB.
Kuis Kondisi Wilayah Benua Asia : PH1-Benua Asia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar